Tuesday, November 9, 2010

Yuk ber qurban ...

Rasanya tiada pernah habis untuk mengupas hikmah sunah Rasulullah SAW yang beberapa hari kedepan seluruh umat Islam akan ambil bagian di dalamnya, Ibadah Qurban ! Berbagai macam usaha dilakukan agar masing - masing muslim dapat ber - qurban, dari yang perseorangan mampu untuk berqurban satu ekor atau bahkan beberapa ekor hingga yang satu ekor diangkat beberapa orang, umumnya tujuh orang. Rasanya gak jadi soal ya, yang terpenting justru keikhlasan dari muslim yang ber qurban tersebut, sebagaimana teladan keikhlasan yang telah ditunjukkan Nabi Ibrahim AS saat mendapatkan perintah Allah SWT untuk menyembelih anaknya sendiri.Sangatlah pantas bagi umat Muslim untuk senantiasa mengingat kisah teladan tersebut, ketaatan seorang anak sholih yang sedemikian berbhaktinya kepada orang tua, sementara sang ayah membalas dengan kasih sayang yang tiada banding taranya. Dan Allah pun Maha Tahu akan hal itu, yang ditunjukkan di akhir kisah dengan tetap berkumpulnya antara anak dan bapak dalam kehidupan yang tentram dan damai, sebab Allah telah menggantikan pengorbanan itu dengan seekor domba.

Sabda Nabi SAW dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi :
" Tiada amalan yang dikerjakan oleh anak turun Adam pada tanggal 10 Zulhijah yang paling disukai oleh Allah SWT daripada amalan mengalirkan darah ( menyembelih qurban ) "

”Sebaik-baik amal bani Adam bagi Allah Swt. di hari Idul Adha adalah menyembelih hewan qurban. Di hari kiamat, hewan-hewan qurban tersebut menyertai bani Adam dengan tanduk-tanduknya, tulang-tulang dan bulunya. Darah hewan tersebut diterima Allah Swt. sebelum menetes ke bumi dan akan membersihkan mereka yang melakukannya.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Tunggu apalagi ? Bersegeralah  menyisihkan sebagian harta  untuk ber - qurban ......

No comments:

Artikel pada katagori yang sama

 

LDII Sampit - Kalimantan Tengah Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez

Jadual Pengajian LDII Sampit di Masjid Barokah - Jl.Gn.Slamet Hari Minggu,Rabu,Jum'at Jam 19.30-21.00 WIB Materi Al-Quran (Bacaan,makna,keterangan) dan Al Hadist Kitab Sunan Abu Dawud. Hadirilah ...http://ldiisampit.blogspot.com/