Friday, January 22, 2010

Transaksi aman di ATM


Sudah diketahui bersama bahwa ATM ( Anjungan Tunai Mandiri ) merupakan teknologi yang memudahkan bagi nasabah untuk melakukan transaksi banking tanpa harus datang ke bank bersangkutan. Dengan menggunakan Kartu ATM kita dapat melakukan transaksi penarikan tunai, transfer, pembayaran dll dengan cara yang mudah. Namun demikian, berbagai kemudahan yang didapat dari ATM juga tetap harus diiringi dengan sikap hati-hati dari pemegang kartu ATM tersebut.

Berikut beberapa tip untuk menghindari praktek ilegal atas kartu ATM oleh pihak-pihak yang tidak berhak:
1. Melindungi kerahasiaan PIN ATM dengan cara:
   i.  Mengganti PIN secara berkala
   ii. Menutup dengan tangan ketika memasukkan PIN sehingga tidak terlihat pihak lain
   iii.Tidak terpancing memberikan PIN kepada pihak lain yang seolah-olah petugas bank dan meminta nasabah untuk menyebutkan atau menginput nomor PIN.

2. Memerhatikan kondisi fisik ATM dan sekelilingnya, dan apabila ada hal-hal yang mencurigakan, nasabah diharapkan tidak menggunakan ATM tersebut dan segera melapor kepada pihak bank terdekat atau ke yang berwajib.

3. Pada saat bertransaksi menggunakan kartu ATM pada merchant (toko yang bekerja sama dengan pihak perbankan), diharapkan nasabah memerhatikan kondisi alat EDC, bila terdapat alat (device) mencurigakan yang menempel pada EDC atau hal lain yang mencurigakan, nasabah dihimbau tidak bertransaksi dan segera melapor kepada pihak bank terdekat atau yang berwajib.

4. Segera blokir kartu ATM bila menemukan kejanggalan transaksi.

5. Cari lokasi ATM yang relatif aman.

6. Jangan mudah percaya dengan bantuan orang lain di sekitar ATM, waspadalah selalu.

Kemudahan bukan berarti menjadikan kita lengah .... tetap waspada !!

No comments:

Artikel pada katagori yang sama

 

LDII Sampit - Kalimantan Tengah Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez

Jadual Pengajian LDII Sampit di Masjid Barokah - Jl.Gn.Slamet Hari Minggu,Rabu,Jum'at Jam 19.30-21.00 WIB Materi Al-Quran (Bacaan,makna,keterangan) dan Al Hadist Kitab Sunan Abu Dawud. Hadirilah ...http://ldiisampit.blogspot.com/