LDII Tawarkan Green Economic


JawaPos.com – 
Rencana pembangan jangka menengah nasional (RPJMN) 2015-2019 sebentara lagi habis. Pemerintah kemudian membuat RPJMN baru, untuk periode 2020-2024. Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) menawarkan implementasi green economic atau ekonomi hijau untuk dimasukkan dalam RPJMN 2020-2024.
Ketua DPP LDII Prasetyo Sunaryo menyoroti pembuatan RPJMN selama ini. Dia mengatakan selama ini tidak ada saluran bagi masyarakat untuk memasukkan tawaran atau aspirasi dalam penyusunan RPJMN oleh eksekutif. Prasetyo berharap ke depan aspirasi masyarakat atau ormas bisa diakomodasi dalam RPJMN 2020-2024.
Dia menuturkan semangat dari ekonomi hijau adalah menjaga lingkungan tetap lestari dan pembangunan berkelanjutan. Diantara programnya adalah penyediaan energi ramah lingkungan, pangan, dan ketersediaan air secara berkelanjutan.
’’Dalam pangan misalnya, kita harapkan pembangunan pangan yang berkelanjutan. Penggunaan pupuk yang mengurangi kesuburan harus diganti,’’ katanya di kantor DPP LDII Selasa sore (2/4).
Menurut dia dalam RPJMN 2020-2024 gerakan ekonomi hijau yang paling cepat untuk diterapkan adalah di bidang pertanian. Khususnya pertanian organik. Dia mengatakan penerapan pertanian organik tidak harus 100 persen di seluruh Indonesia.
Tetapi bisa dilakukan secara bertahap, namun dengan acuan grand design tertentu. ’’Bisa mulai dengan sayur organik dahulu,’’ jelasnya.
Dia menuturkan sayuran organik selain lebih sehat, juga memiliki nilai ekonomi tinggi. Sehingga bisa menghasilkan pendapatan lebih baik bagi para petaninya. Kemudian dalam program ini penggunaan pupuk urea yang bisa mengurangi kesuburan tanah harus dikurangi.
Program ekonomi hijau lainnya bisa berupa pengolahan limbah dan sampah. Dia menuturkan sampai saat ini masih banyak industri yang mengeluarkan limbah berbahaya. Kemudian limbah tersebut dibuang begitu saja di alam. Contohnya adalah di beberapa titik aliran sungai Citarum. Dia berharap bisa diterapkan teknologi yang bisa membuat limbah industri menjadi aman untuk dibuang ke alam.
Editor : Imam Solehudin
Reporter : Hilmi Setiawan

https://www.jawapos.com/nasional/03/04/2019/ldii-tawarkan-ekonomi-hijau-dalam-rpjmn-seperti-apa-gambarannya/

Post a Comment

Previous Post Next Post