Pramuka Ponpes Minhajur Rosyidin

JAKARTA - Kompetisi Pramuka tingkat penggalang regional kembali digelar. Ajang uji keterlampilan kepanduan muda ini berlangsung di Pondok Pesantren Minhajjur Rosyidin, Jakarta dengan jumlah peserta sebanyak 500 orang.

“Lomba regu prestasi ini memang berbeda dari kompetisi Pramuka umumnya. Di sini anggota Pramuka muda ditantang terampil dan memiliki pemahaman agama,” kata Ketua Panitia, Herlan Maulana, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (25/5/2013).

Peserta kompetisi, kata Herlan, berasal dari tiga provinsi yakni Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Mereka tak mewakili peserta dari sekolah, tetapi komunitas yang berbasis masjid.

Lebih lanjut Herlan menyebutkan, lomba regu prestasi Pramuka ini memang berbeda. Karena pesertanya berasal dari komunitas masjid. “Makanya menggunakan istilah Sako yang merupakan kepanjangan dari Satuan Komunitas,” ungkapnya.

Satuan komunitas yang disebut Sako Sekawan Persada Nusantara menjadi bagian kegiatan dari Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPP LDII). Program kepanduannya terintegrasi dengan kegiatan kepanduan Pramuka nasional.

Menurutnya, ajang lomba regu prestasi Pramuka Sako Sewakan Persada Nusantara memberikan penguatan pada nilai agama. Peserta diminta menguasai pengetahuan agama pula.

“Jadi kalau siang mereka berlomba kepanduan, kalau malam berlomba azan, mengaji dan dakwah,”imbuhnya.

Kompetisi yang sudah berlansung sejak 2011 ini memperebutkan piala bergilir kwartir nasional. Bahkan telah dijadwalkan menjadi agenda tahunan pada organisasi Pramuka nasional. “Tahun mendatang bakal terus diperluas pesertanya,” imbuhnya.

Acara ini berlansung sejak 25 hingga 26 Mei 2013. Seluruh peserta diwajibkan mengikuti semua kegiatan lomba. Dalam kompetisi bertema sehat, cerdas, ceria, bersahabat dan berprestasi ini peserta dituntut menyelesaikan serangkaian tantangan mulai dari keterampilan kepanduan sampai pengetahuan keagamaan.

"Sekaligus dilarang keluar dari area perlombaan. Semua kebutuhan peserta telah dipersiapkan panita lomba termasuk kesehatan dan logistik," tukasnya. (trk)

http://news.okezone.com/read/2013/05/25/337/812630/komunitas-masjid-ikut-kompetisi-pramuka 

Post a Comment

Previous Post Next Post