Sejarah Kalimantan Tengah


Provinsi Kalimantan Tengah dibentuk tahun 1957. Provinsi yang beribukota di Palangkaraya ini merupakan pecahan dari Provinsi Kalimantan Selatan. Oleh karena itu, sejarah Kalimantan Tengah tidak terpisahkan dari Kalimantan Selatan.
Pada abad ke 14, sebagian besar daerah-daerah pantai Kalimantan berada dalam pengaruh Kerajaan Majapahit. Karena itu, tidak heran jika di daerah ini muncul berbagai kerajaan Hindu. Salah satunya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pengaruh Jawa Hindu lainnya muncul di Kotawaringin, Kalimantan Tengah.
Abad ke 15 merupakan awal peyebaran Islam di Kalimantan. Raja di Kalimantan yang pertama kali memeluk agama Islam adalah Raja Kutai. Awal abad ke 16, Islam telah tersebar di Kalimantan, banyak kerajaan Islam baru berdiri di Kalimantan. Pusat penyebaran Islam ketika itu adalah di Brunei.
Awal abad ke 17 merupakan permulaan masa kelam Kalimantan. Saat itu, Belanda dan Inggris mulai menancapkan kuku kekuasaan kolonialnya. Di Selatan, Belanda menguasai Banjarmasin. Sedangkan di Utara, Inggris  menguasai suatu wilayah di Sabah. Pada abad ke 19, ekspedisi-ekspedisi Belanda dan Inggris mulai masuk pedalaman, melakukan kontak dengan berbagai suku pedalaman seperti suku Dayak dan menyebarkan agama Kristen.
Di abad ke 19 itu, suku-suku di Kalimantan masih sering terlibat peperangan memperebutkan kekuasaan. Kondisi ini diperparah dengan campur tanga Belanda yang menerapkan politik pecah belah. Karena berbagai pertentangan tersebut, ada suku yang menyerah dan takluk pada suku lainnya, ada pula suku yang cukup kuat dan hidup merdeka serta membawahi suku taklukannya itu. Untuk mengatasi pertentangan antar suku terebut, tahun 1894 diadakan rapat damai Tumbang Anoy, di Hulu Kahayan, Kalimantan Tengah. Dengan rapat tersebut, berbagai pertentangan dapat didamaikan.

No. Kabupaten/kota Pusat pemerintahan
1 Kabupaten Barito Selatan Buntok
2 Kabupaten Barito Timur Tamiang Layang
3 Kabupaten Barito Utara Muara Teweh
4 Kabupaten Gunung Mas Kuala Kurun
5 Kabupaten Kapuas Kuala Kapuas
6 Kabupaten Katingan Kasongan
7 Kabupaten Kotawaringin Barat Pangkalan Bun
8 Kabupaten Kotawaringin Timur Sampit
9 Kabupaten Lamandau Nanga Bulik
10 Kabupaten Murung Raya Puruk Cahu
11 Kabupaten Pulang Pisau Pulang Pisau
12 Kabupaten Sukamara Sukamara
13 Kabupaten Seruyan Kuala Pembuang
14 Kota Palangka Raya -

Selengkapnya baca di sini http://sejarahbangsaindonesia.co.cc/1_17_Sejarah-Kalteng.html

http://ldiisampit.blogspot.com/

Post a Comment

Previous Post Next Post