Sunday, October 31, 2010

Seminar Wanita 2010 DPD LDII Prov Jawa Timur


Di Indonesia terdapat 217 juta jiwa, 50,3 % merupakan wanita. Sehingga dengan banyaknya wanita, maka perlu adanya pemberdayaan untuk kaum wanita tersebut. Dengan alasan demikian, DPD LDII Jawa Timur mengadakan Seminar Wanita dengan mengusung tema "Pemberdayaan Wanita dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga" yang diselenggarakan pada Minggu, 24 Oktober 2010 di Pondok Sabilurrosyidin, Jl. Gayungan VII / 11 Surabaya.
Adapun materi yang disampaikan meliputi :

* “Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Kewirausahaan Wanita” oleh Ir. Hj. Urifah, M.Si
* “Pemberdayaan Wanita Melalui Pokusma (Kelompok Usaha Muamalat) dan BMT” oleh Hj. Anis D. C.
* “Testimoni Pengusaha Wanita (Stay Focus & Stay Foolish)” oleh Elisa Yuniarti
* “Pemberdayaan Wanita Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga ditinjau dari sudut pandang Al-Quran dan Hadist” oleh : KH. Moh. Taufiqurrahman.

Seminar ini dihadiri oleh wanita utusan 38 DPD Kabupaten Kota se Provinsi Jawa Timur yang meliputi : perwakilan DPD Kabupaten Kota sebanyak 3 orang, perwakilan untuk setiap daerah sebanyak 2 orang.

Peserta sangat antusias dan memberikan respon baik. Terjadi pula interaksi antar pemateri dengan peserta mengenai apa yang harus dilakukan wanita untuk menjadi seorang enterpreuner yang sukses. Berbagai jawaban yang dilontarkan oleh pemateri. “Seorang wanita boleh menjadi seorang enterpreuner, tetapi dengan syarat tidak lupa dengan kedudukannya menjadi seorang wanita. Dalam hal ini, harus teliti, tertib, perhatian, bertanggung jawab, dan ulet” ujar Ir. Hj. Urifah, M. Si, salah satu pemateri. Dan tambahan dari Hj. Anis, ”untuk mengenai biaya, itu bukan segalanya. Biaya dapat diperoleh dari pinjaman BMT”. Dengan adanya jawaban seperti itu, peserta tampak merasa puas untuk diterapkan pada usahanya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan DPD LDII Provinsi Jawa Timur. Materi yang diberikan merupakan usulan yang dihimpun oleh Biro Pemberdayaan Wanita dan Kesejehteraan Keluarga. Tindak lanjut dalam program pemberdayaan wanita dalam peningkatan ekonomi adalah dengan mempertemukan pengusaha wanita yang telah sukses dengan pengusaha yang mau berusaha dan yang sedang merintis usahanya. Dengan demikian akan ada interaksi dan pertukaran ilmu dari yang bisa mengajari yang belum bisa.

sumber: http://www.ldii-sidoarjo.org

No comments:

Artikel pada katagori yang sama

 

LDII Sampit - Kalimantan Tengah Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez

Jadual Pengajian LDII Sampit di Masjid Barokah - Jl.Gn.Slamet Hari Minggu,Rabu,Jum'at Jam 19.30-21.00 WIB Materi Al-Quran (Bacaan,makna,keterangan) dan Al Hadist Kitab Sunan Abu Dawud. Hadirilah ...http://ldiisampit.blogspot.com/