Wednesday, June 9, 2010

Tip hemat energi pada laptop dan PC

10 Tips Hemat Energi Pada PC dan Laptop

Ini dia, tips mengehemat pemakaian energi pada PC dan laptop.

1. Atur Pencahayaan dan Kontras Monitor.

Atur pencahayaan dan kontras pada monitor, untuk mengatur kontras monitor, gunakan tombol yang berada pada perangkat keras monitor anda, atau bisa dibilang, tombol di monitor Anda.

2. Matikan Monitor.

Tips nomor dua. Matikan monitor. Karena, monitor berjenis CRT, yang identik dengan bagian belakang yang besar, lebih banyak mengkonsumsi tenaga listrik. So, jika ingin meninggalkan PC dalam waktu lama, matikan saja monitor Anda. Dapat disetting juga pada sistem operasi Anda agar dapat otomatis langsung mati dalam beberapa waktu tertentu. Caranya, klik “Control Panel-Options”. Dalam “Power Options Properties” klik tab “Power Schemes”. Lalu klik tanda panah di bagian “Power Schemes”, lalu pilih “Home/Office desk”. Lalu pilih waktu yang diinginkan pada “Turn Off Monitor” dan klik “Apply” dan “OK”.

3. Matikan Hard Disk.

Meski kita tidak sedang melakukan apa pun pada komputer, tapi data akan selalu dibaca dari harddisk oleh sistem operasi dan beberapa aplikasi. Oleh karena itu, hard disk akan terus menerus berputar dan tentu saja ini memakan energi, listrik tentunya. Jika Anda ingin meninggalkan PC Anda dalam waktu lama, sebaiknya matikan harddisk PC Anda. Nah, caranya adalah, pada “Power Options Properties” klik tab “Power Schmes”. Klik tanda panah di bagian “Power Schemes” dan pilih “Home/Off desk”. Kemudian klik “Turn off hard disk” dan pilih waktunya. Lalu klik “Apply” dan “Ok”.

4. Matikan Peralatan Lainnya.

Matikanlah peralatan lain seperti, speaker, modem eksternal, external harddisk, scanner, zip drive, printer, dan lainnya yang terhubung ke PC. Karena peralatan-peralatan itu menghabiskan banyak energi. Seringkali orang meninggalkan peralatan tersebut dalam keadaan aktif, bahkan saat kita sedang keluar dalam waktu yang lama.

5. Mode Hibernate.

Hibernate adalah hibernasi, yakni, tidur sementara dalam waktu lama. Mode hibernate adalah fasilitas untuk melakukan shut down/mematikan PC, tapi tidak menutup atau mematikan aplikasi yang sedang kita buka sebelumnya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mode “Hibernate”. Dengan mode ini, isi memory utama (RAM) akan tersimpan dalam hard disk. Cara mengaktifkan mode hibernate adalah sebagai berikut, pada “Power Options” klik tab “Hibernate”. Lalu klik kotak dekat “Enable Hibernation”. Klik juga pada tab “Advanced”. Dalam bagian “When I Press the power button” lalu klik tanda panahnya kemudian klik “Hibernate”. Klik “Apply” dan “Ok”. Setelah itu tekan tombol “Power” pada komputer anda. Mode hibernate sudah berfungsi, tekan tombol “Power” sekali lagi, komputer anda akan menyala dan akan otomatis membuka aplikasi yang telah anda buka tadi. Mudah, bukan?

6. Mode Standby.

Agar bisa menghemat energi, sebaiknya pengaturan monitor dan harddisk berada di bagian yang paling rendah pada mode standby. Jika anda ingin meninggalkan PC sebentar, sebaiknya aktifkan mode standby. Namun yang harus anda ketahui adalah, saat mode standby aktif, data-data yang belum anda simpan dapat rusak atau hilang kalau PC anda mengalami kerusakan. Sebaiknya simpan dahulu data atau dokumen Anda sebelum Anda mengaktifkan mode standby ini. Mode standby dapat dilakukan dengan cara, klik “Start-Turn Off computer” lalu klik “Standby”.

7. Gunakanlah UPS.

Gunakan selalu alat UPS, karena alat ini dapat membantu menyelamatkan data ketika mati mendadak karena mati listrik atau karena terjadi hal yang tidak dinginkan lainnya. Untuk mengatur peralatan UPS dan mengkonfigurasikan alat tersebut klik “Power Option Properties” lalu pilih tab UPS. Bagian status tab UPS menampilkan perkiraan jumlah menit yang dapat didukung UPS terhadap PC Anda. Sebenarnya banyak cara untuk mengkonfigurasi UPS, namun hal ini tergantung dari model dan kapasitas UPS yang digunakan. Jadi, pakai UPS, bila mampu membelinya.

8. Baterai Laptop.

Selalu charge baterai laptop hingga selesai, jangan setengah-setengah. Karena proses charge yang dilakukan setengah-setengah, lalu dilanjutkan kembali, malah akan menghabiskan banyak energi. Jika ingin berpergian, sebaiknya bawa selalu baterai tambahan. Untuk menghemat pemakaian baterai. Anda bisa memanfaatkan feature Hibernate/Suspended atau gunakan soket listrik yang dihubungkan ke stopkontak.

9. Port USB.

Selalu lepas peralatan USB yang telah digunakan, jangan menunggu. Karena peralatan yang masih tertancap di port USB, dapat menghabiskan tenaga pada PC atau laptop anda. Sebaiknya lepaskan alat tersebut bila pemakaiannya sudah selesai.

10. Skema Pemakaian Energi Laptop.

Biasanya produsen-produsen laptop juga menyertakan feature dan software power management. Software ini sangat berguna sekali bagi para pemakai laptop, karena software ini mampu mengatur pemakaian baterai dan daya listrik yang sedang digunakan. Di software ini ada beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk mengetahui beban harddisk dan energi lain yang sedang digunakan oleh laptop. Di antaranya mengetahui kecepatan prosessor atau pencahayaan monitor yang tepat untuk dapat menghemat baterai. Software ini sekaligus dapat menjadi pengawas bagi kita dalam menggunakan laptop.

Sumber: http://islam-download.net/tag/pc#ixzz0qJ7l08qc

No comments:

Artikel pada katagori yang sama

 

LDII Sampit - Kalimantan Tengah Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez

Jadual Pengajian LDII Sampit di Masjid Barokah - Jl.Gn.Slamet Hari Minggu,Rabu,Jum'at Jam 19.30-21.00 WIB Materi Al-Quran (Bacaan,makna,keterangan) dan Al Hadist Kitab Sunan Abu Dawud. Hadirilah ...http://ldiisampit.blogspot.com/