Fase Perkembangan Anak


Penting diperhatikan bagi orang tua untuk lebih mudah dalam memberikan pendidikan dan pembinaan kepada anak - anak

Fase Preconventional (usia 4-10 tahun)
Pada fase ini anak mulai dikenalkan pada hal-hal yang boleh dilakukan dan mana yang harus ditinggalkan. Karena pada saat itu anak mulai mengenal baik buruk. Sebagai orang tua hendaknya memberi suri tauladan yang baik bagi anaknya. Terlebih pada fase ini anak akan lebih banyak menganggap apa yang dilakukan orang tuanya adalah yang terbaik.

Fase Conventional Morality (usia 10-13 tahun)
Pada fase ini anak mulai sering berkelompok. Dalam pertemanan mereka punya yang namanya teman akrab. Sehingga sebaiknya para pakar pendidik bisa memanfaatkan metode pembelajaran dengan cara berkelompok yang membuat anak lebih aktif dan saling termotivasi untuk mencapai hasil yang terbaik. Pada fase ini diharapkan orang tua diarahkan untuk memilihkan teman bergaul yang sholih dan sholihah, termasuk membiasakan berteman dengan uztadz / uztadzah

Fase Post-Conventional (usia 13 tahun ke atas)
Pada fase ini anak mulai melepaskan diri dari ikatan kelompoknya, ia lebih mementikan diri sendiri. Sehingga pada usia ini diharapkan para pakar pendidik dan khususnya orang tua bersikap lebih tegas pada anaknya. Dukunglah mereka jika yang mereka kerjakan baik. Cegahlah mereka jika yang mereka dikerjakan adalah keburukan. Namun dalam mencegah harus diberikan diberikan pengertian kepada anak tentang konsekuensi atau akibat dari perbuatannya.

Post a Comment

Previous Post Next Post